Kuliah Tamu 14 Maret 2022

Tanggal 14 dan 17 Maret 2022, Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Prostodontia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara bekerja sama dengan Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Prostodontia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran menyelenggarkan kuliah tamu. 

Tujuan kegiatan ini sesuai dengan mewujudkan fungsi  Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara sebagai pusat pendidikan spesialis yang menncetak doktergigi profesional unggul dalam keterampilan klinis serta laboratoris sebagaimana visi Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara.

Picture1Picture2

Kegiatan kuliah tamu kali ini mengundang Dr. Rasmi Rikmasari, drg.,Sp.Pros (K). Beliau merupakan dosen pengajar dari  Fakultas Kedokteran Gigi  Universitas Padjajaran yang diikuti oleh seluruh residen PPDGS Prostodontia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara. Kuliah berlangsung selama dua hari, dan masing masing satu sesi perkuliahan selama 1 jam 40 menit dengan metode perkuliahan ceramah serta diskusi dipimpin langsung oleh Ketua Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia FKG USU drg Ricca Chairunnisa , Sp. Pros (K), diikuti oleh seluruh peserta didik Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia FKG USU dengan subjek mata ajar Temporomandibular Disorder (TMD). Temporo mandibula joint (TMJ) merupakan sendi kompleks yang dapat melakukan gerakan meluncur dan berotasi pada saat mandibula melakukan fungsi. Gerakan sendi yang berkesinambungan dilakukan secara terus menerus pada TMJ apabila otot-otot yang mengelilinganya dalam keadaan baik. Temporomandibular Disorder merupakan penyakit gangguan TMJ yang melibatkan sendi pada rahang, otot disekitar TMJ maupun keduanya. Penting untuk mengetahui anatomi normal dari TMJ, sehingga dokter gigi dapat mengetahui apabila terdapat kelainan yang terjadi pada TMJ. Pemeriksaan, penegakkan diagnosa, mencari tau etiologi penyakit merupakan penting untuk diketahui oleh seorang dokter gigi spesialis prostodonsia. Terdapat berbagai macam metode pemeriksaan TMD, yang memiliki indikasinya masing masing. Keterampilan dalam merawat TMD bergantung pada ketelitian menggali informasi mengenai penyebab TMD saat initial appointment pasien.

Picture3

Output yang diharapkan dari perkuliahan ini adalah residen dapat mengetahui tanda tanda dan symptom dari TMD,  bagaimana melakukan pemeriksaan TMJ, menegakkan diagnosa dari pemeriksaan yang komprehensif, serta pada akhirnya dokter gigi khususnya spesialis prostodontia dapat melakukan perawatan TMD.

                Kuliah tamu akan terus diselenggarakan oleh  Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Prostodontia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik, dan meningkatkan hubungan kerjasama Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara  dengan pihak lain yang terkait, demi kemajuan institusi Universitas Sumatera Utara  pada umumnya dan   Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Prostodontia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara pada khususnya.